laporan PPL KKN ikip mataram

LAPORAN INDIVIDU

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

DI SMP NEGERI 3 MATARAM

TAHUN AKADEMIK : 2011 / 2012

OLEH

SUGIANTO

NIM : 08 411 475

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI (FPBS)

INSTITUT KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

IKIP MATARAM

2012

 

 

 

 

DAPTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

ABSTRAK

BAB I PENDAHULUAN

  1. A.     Analisis Situasi
    1. B.                        Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan KKN-PPL

BAB II PROGRAM KEGIATAN PPL DAN KKN TERPADU

  1. Persiapan
  1. B.     Pelaksanaan
    1. 1.      Program KKN
    2. 2.      Program PPL
    3. C.     Analysis Hasil Pelaksanaan

BAB III PENUTUP

  1. A.     Kesimpulan
  2. B.     Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN- LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTARK

Kegiatan PPL-KKN terpadu yang kami lakukan selama tiga bulan dari tanggal 05 Agustus sampai dengan tanggal tanggal 05 November 2011 berjalan relative lancar dan sukses sesuai dengan yang diharapkan semua pihak.

Setelah penyerahan kepada pihak sekolah yang dilakukan oleh DPL tentunya mahasiswa PPL-KKN terpadu sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak sekolah, oleh sebab itu mahasiswa juga wajib mengikuti dan mentaati semua bentu peraturan yang telah ditetapkan di SMP N 3 Mataram.

Hal pertama yang dilakukan oleh mahasiswa pada awal keberadaannya di lingkungan sekolah adalah melakukan observasi yang bertujuan untuk mencari factor-faktor pendukung apasaja yang telah dimiliki oleh sekolah dan juga apa-apa saja yang belum menunjang sehingga hasilnya dapat membantu mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Hasil observasi ini juga digunakan sebagai dasar untuk menyusun program KKN yang di lakukan di sekolah.

Dalam menjalankan program KKN-PPL terpadu ini terdapat beberapa factor pendukung dan juga sebaliknya factor penghambat keberhasilan. Namun, berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak terutama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Sekolah (Kepala sekolah SMP N 3 Mataram dan jajaranya), LPPM dan juga kerjakeras tim yang selalu menjaga kekompakan dan semangat dalam menyelsaikan rangkaian program yang telah kami susun, semua dapat teratasi dengan baik hingga berbuah kesusksesan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  ANALISIS SITUASI

Hari-hari pertama pelaksanaan PPL-KKN terpadu kami mulai dengan melakukan analisis situasi, yakni melakukan observasi atau penyelidikan untuk mengetahui secara detil kondisi sekolah baik fisik maupun struktur adaministrasinya, siapa-siapa saja yang terlibat di dalam pelaksanaan pembelajaran dan media-media apa saja yang digunakan sekolah. Observasi ini kami lakukan untuk menentukan langkah-langkah yang akan kami ambil yang berkaitan dengan program yang akan kami jalankan selama melakukan kegiatan PPL berlangsung.

Melakukan analisis situasi sangat penting dalam kaitannya dengan tahap awal pengenalan sekolah secara umum yang berlanjut secara rinci untuk mengetahui kelebihan-kelebihan apa yang dimiliki oleh sekolah dan juga kelemahannya, untuk kemudian kami mencoba menambah atau meningkatkan kelebihan-kelebihan tersebut dan sebisa mungkin menutupi atau mengurangi segala bentuk kekurangan yang ada di sekolah tersebut. Dengan demikian hkehadiran kami, mahasiswa PPL-KKN terpadu dapat benar-benar dirasakan membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Berikut adalah hasil observasi yang kami lakukan selama hari-hari awal minggu pertama dalam kegiatan PPL-KKN terpadu:

1. Perangkat Administrasi Sekolah

a. Struktur orgaisasi sekolah

1)   Kepala sekolah

Kepala Sekolah merupakan penanggung jawab tertinggi di Sekolah yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  • Merencanakan, menyusun, membimbing dan mengawali kegiatan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.
  • Bertanggung jawab terghadap segala kegiatan yang kaitannya dengan manajerial sekolah baik teknis edukatif maupun teknis administratif.
  • Mengusahakan terciptanya iklim belajar yang kondusip.

2)   Wakil kepala sekolah

Di dalam melaksanakan tugasnya kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah yang tugas pokoknya adalah sebagai berikut :

  • Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum dan kesiswaan yang bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkaitan dengan kegiatan kurikulum dan proses belajar mengajar dan kegiatan kesiswaan.
  • Wakil kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana yang bertanggung jawab terhadap pengadaan pendukung kegiatan pembelajaran.
  • Wakil kepala sekolah urusan Hubungan dengan Masyarakat yang bertanggung jawab terhadap kegiatan interaksi / hubungan antara sekolah dengan Masyarakat yang ada di sekitar maupun stakeholder.

3)      Tata usaha

Tata Usaha bertanggung jawab terhadap segala kegiatan administrasi sekolah, kepegawaian dan keuangan.

4)      Koordinator BP

Koordinator BP bertanggung jawab untuk menyusun program BP dan Bimbingan belajar serta memonitor pelaksanaan BP dan bimbingan belajar karir.

5)      Tenaga Pendidik/Guru

Guru sebagai tenaga pendidik bertugas dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di Sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

6)      Siswa

Siswa sebagai objek kegiatan dalam proses belajar mengajar mempunyai tugas untuk belajar dan berkewajiban untuk mematuhi tata tertib yang berlaku.

2. Komponen Administrasi Pendidikan SMP Negeri 3 Mataram

a. Administrasi Kurikulum

  • Menyusun program Tahunan dan Semester
  • Menyusun jadwal Pelajaran
  • Evaluasi terhadap program pengajaran
  • Membuat daftar dan grafik pencapaian target kurikulum
  • Melengkapi data statistik, Input dan Output.
  1. Administrasi Kesiswaan
  • Penerimaan siswa baru
  • Bimbingan kepada siswa baru
  • Mengatur kegiatan IRM / OSIS
  • Pengelolaan data tentang siswa
  1.  Administrasi Kepegawaian
  • Pengadaan tenaga pendidik dan kependidikan
  •  Mengusahakan kesejahteraan pegawai dan Guru
  • Pembinaan dalam rangka peningkatan professional Guru
  1. Administrasi Ketatausahaan
  • Kegiatan administrasi surat menyurat (Pengarsipan)
  • Administrasi keuangan yang meliputi buku-buku penerimaan siswa,BP, dan daftar penerimaan gaji Guru dan pegawai
  1.  Administrasi BP
  • Menyusun kegiatan yang berkaitan dengan BP
  • Mendata setiap permasalahan yang terjadi kaitannya dengan siswa dan menemukan penyelesaiannya terhadap permasalahan yang terjadi.
  1.  Urusan Kesiswaan

Bertugas membantu kepala sekolah dalam urusan kesiswaan.

  1. Media dan Alat Bantu SMA Negeri 1 Gerung

Media dan alat Bantu mengajar menyangkut alat Bantu membantu kegiatan belajar mengajar baik bagi siswa maupun bagi Guru, adapun media dan alat Bantu yang dimaksud terdiri dari :

  1. Laboratorium IPA
  2. Perpustakaan
  3.  Internet
  4. Tape record/pengeras suara
  5. Computer
  6.  Kurikulum
  7.  Buku-buku LKS
  8.  Buku paket
  9. LCD

4.      Observasi Pengaturan Kelas dan Kegiatan Belajar Mengajar

  • Hasil observasi  setting kelas
  1. Program pengajaran
  2. Pembinaan keamanan
  3. Pembinaan kesiswaan
  4. Sumberdaya manusia
  5. Tujuan program pengajaran
  • Evaluasi pengamatan.
  • Diskusi hasil latihan mengajar
  • Perbaikan
  • Jumlah guru bidang studi matematika
  • Keadaan fisik dan pengaturanya
  • Pengolahan kelas
  • Kegiatan belajar mengajar

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. B.     PERUMUSAN PROGRAM DAN RANCANGAN KEGIATAN KKN-PPL

Barikut ini adalah daftar program yang kami ajukan dalam kegiatan KKN-PPL terpadu beserta indokator keberhasilan program yang kami ajukan:

No

Nama Program

Indikator Keberhasilan

1.

 

 

 

Pembersihan Kamar kecil siswa Penggalian pipa pembuangan

Perbaikan pipa pembuangan

Pembersihan/pengepelan kamar kecil

Penutupan galian

2. Pembuatan Aksesoris Semarak Tujuhbelasan Pembuatan pernak-pernik tujuhbelasan

Pelatihan pengerak bendera

Partisipasi upacara tujuhbelasan

3. Pemasangan Paping Blok Penyediaan paping blok

Pasir,Tanah uruk dan semen

4. Penyediaan alat-alat Pendukung IMTAQ Pengadaan Surat Yasin

Pengadaan sandal untuk wuduq siswa

5. Kerja bakti kebersihan lingkungan sekolah Membersihkan sampah di belakang ruangan guru

Membersihkan semak-semak di belakang ruang kelas

Pengadaan volybag tanaman di belakang ruang guru

 

Keseluruhan program di atas kami ajukan berdasarkan hasil observasi yang telah kami lakukan dalam minggu pertama. Semua program yang telah kami susun tersebut dirasakan sangat perlu dalam kaitannya dengan menumbuhkan lingkungan kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan menyanangkan baik bagi pihak siswa maupun guru.

Program-program tersebut selanjutnya kami tidak lanjuti dalam bentuk realisasi yang dimana masing-masing program ini kami rencanakan membutuhkan waktu 1 bulan pengerjaan dimana terdapat pula beberapa program yang dilksanakan secara bersamaan seperti pengadaan aksesoris tujuhbelasan yang dikerjakan samaan dengan pembersihan kamar kecil siswa (pemberisihan kamarkecil dilakukan sore hari dan pembuatan aksesoris tujuhbelasan malam hari) hingga disusul dengan pelaksanaan program baru setelah diselingi masa istirahan selama dua hari.

 

 

 

 

BAB II

PERSIAPAN, PELAKSANAAN DAN ANALISI HASIL

  1. A.       PERSIAPAN

Dalam tahapan perisiapan ini kami manfaatkan sebagai waktu untuk melakukan kegiatan observasi tindakan kelas bagai mana kegiatan siswa, apa-apa saja yang dilakukan selama kegiatan belajarmengajar didalam kelas. Dalam hal ini kami bertindak sebagai siswa di dalam kelas yang memperhatikan penjelasan guru (guru pamong) yang kemudian dari hasi ini kami bisa mengetahui kondisi dan keadaan kelas serta contoh mengajar yang diterapkan oleh guru pamong sebagai bahan acuan cara mengajar yang terbaik yang akan digunakan nanti pada saat praktik.

Setelah melalui masa observasi kelas tersebut, kemudian konsultasi dengan guru pamong mengenai langkah-langkah yang mengarah kepada pengusunan RPP oleh guru praktikan (guru PPL) yang dijadikan sebagai acuan dalam mengajar selama kegiatan PPL berlangsung. Thap konsultasi ini meliputi beberapa bimbingan yang diberikan guru pamong mengenai segara bentuk perangkat pembelajaran yang harus dilengkapi sebelum melakukan praktik.

Disamping penyusunan RPP, ada juga beberapa perangkat pembelajaran yang harus disusun sebelum melakukan praktik mengajar (persiapan). Secara lebih terperinci kami sediakan bentuk-bentuk persiapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Kami susun mengikut contoh silabus yang di berikan yang disediakan oleh guru pamong masing-masing jurusan. (terlampir dalam halaman lampiran)

  1. Kriteria  Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM ini kami buat untuk menentukan nilai minimal yang harus dicapai oleh setiap siswa pada masing-masing indicator.

Perangkat ini juga kami susun mengkut contoh silabus dari BSNP yang disediakan oleh guru pamong (terlampir dalam halaman lampiran)

  1. Analisis Materi Ajar

Analisis ini dilakukan terhadap materi ajar guna mencari materi yang paling tepat yang akan digunakan dalam mengajar. Program ini disusun dalam setiap pokok pembahasan yang tentunya sangat membatu pendidik dalam mewujudkan tujuan pembelajaran.

  1. Program tahunan

Yaitu program yang dilaksanakan dalam waktu satu tahun yang mengikut ke kalender pendidikan SMP N 3 Mataram

  1. Program semester

Disusun mengikut kalender pendidikan SMP N 3 Mataram yang merupakan program penjabaran dari program tahunan yang memiliki waktu enam bulan.

Selain persiapan dalam bentuk penyiapan perangkat pembelajaran, terdapat juga beberapa persiapan interinsik yang sifatnya dari diri guru praktikan. Persiapan-persiapan tersebut yang bersifat fisik dan mental, yakni berupa tingkahlaku, kemampuan membaca situasi, apa yang diingikan siswa, kesabaran dan serta ketekunan serta adap karena mengajar bukan hanya menyampaikan materi, melainkan juga menanamkan sikap positive sebagai model yang baik bagi para siswanya.

  1. B.  PELAKSANAAN
  2. 1.    Program KKN

Setelah melalui tahap observasi dan diskusi tebentuklah beberapa program yang telah disepakati seluruh peserta KKN yang kemudian diajukan kepada pihak sekolah SMP Negeri 3 Mataram (kepalasekolah dan coordinator KKN-PPL terpadu) hingga dari konsultasi tersebut dapat kami tetapkan beberapa program yang akan kami jalankan, lebih rinci kami paparkan sebagai berikut:

No

Nama Program

Indikator Keberhasilan

1.

 

 

 

Pembersihan Kamar kecil siswa Penggalian pipa pembuangan
Perbaikan pipa pembuangan
Pembersihan/pengepelan kamar kecil
Penutupan galian
2. Pembuatan aksesoris semarak tujuhbelasan Pembuatan pernak-pernik tujuhbelasan
Pelatihan pengerak bendera
Partisipasi upacara tujuhbelasan
3. Pemateri IMTAK Romadhan Mengikuti kegiatan IMTAK selama bulan Romadhan
Memberikan kuliah/materi imtak
4. Penyediaan alat-alat pendukung IMTAK Pengadaan Surat Yasin
Pengadaan sandal untuk wuduq siswa
5. Kerja bakti kebersihan lingkungan sekolah Membersihkan sampah di belakang ruangan guru
Membersihkan semak-semak di belakang ruang kelas
Pengadaan volybag tanaman di belakang ruang guru

 

  1. Pembersihan Kamar kecil siswa

Program ini kami rampungkan selama tiga minggu yakni minggu-minggu awal observasi kemudian pelaksanaan mengingat para peserta yang melakukan KKN sedang melakukan puasa, jadi pelaksanaanya tidak dilakukan setiap hari hari libur seperti minggu program kami tunda.

  1. Pembuatan aksesoris semarak tujuhbelasan

Program ini merupakan program kedua yang direalisasikan bersamaan dengan program pertama (Pembersihan Kamar kecil siswa) yakni pembagian waktu untuk program pertama sore hari dan program kedua kami relisasikan malam hari (selesi magrib) dengan kerjasama antar rekan-rekan KKN-PP terpadu.

  1. Pemateri IMTAQ Romadhan

Pemberian IMTAQ Romadhan ini diberikan mengikuti jadwal yang telah disusun dari sekolah yang diwajibkan kepada seluruh siswa untuk mengisi kegiatan selama bulan Romadhan. Dalam hal ini, bentuk partisipasi anggota KKN-PPL terpadu berupa pengayaan dan pemberian materi/ceramah Romadhan yang di ikuti oleh siswa. Kegiatan ini dilakukan sitiap pagi mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00 kecuali hari jum’at lebih awal.

  1. 2.    Program PPL

Setelah penyerahan dilakukan oleh doen pembimbing lapangan (DPL) kepada pihak sekolah (kepala sekolah) kemudian proses perkenalan dengan guru pamong dilakukan oleh masing – masing mahasiswa. Setelah melaui tahapan tahapan tesebut untuk selanjutnya para mahasiswa melakukan observasi yang ekan berujung pada penyusunan perangkat pembelajaran sebagai kelengkapan mengajar.

Praktik mengajar kami lakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012 dimana kelompok siswa yang menjadi objek adalah siswa kelas VII yakni kelas VII 6, VII 7, dan VII 8. Yang mana kemudian tiga kelas ini masing-masing ditangani oleh satu guru praktekan yang berasal dari jurusan Bahasa Inggris dengan jumlah pertemuan 2 kali seminggu. Total jam yang dibutuhkan adalah dapat dirincikan sebagai berikut:

Hari selasa tiga jam pertemuan.

Hari rabu satu jam pertemuan

Jadwal bertambah dengan jadwal piket yang dibebankan oleh guru pamong masing-masing yakni dua kali pertemuan dalam seminggu.

Adapun langkah-langkah yang kami lakukan dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi,

Dalam apersepsi ini kami melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  • Tanya-jawab singkat tentang apa yang ada dalam cerita berganbar.

Disini guru memberikan stimulus atau ransangan kepada siswa dengan menyediakan Tanya-jawab mengenai hal-hal menarik yang terdapat dalam LKS seperti ragam gambar.

  • Tanya-jawab tenang letak benda didalam kelas.

Disini guru juga mengikut sertakan semua benda yang dapat dilihat dan dipegang secara lansung yang ada di dalam kelas agar pembelajaran benar-benar bisa dirasakan nyata adanya (authentic materials)

Motivasi:

Pemberian motivasi kepada siswa berupa nasihat-nasihat dan bimbingan dalam belajar dan juga menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari kaitanya dengan konteks kehidupan sehari-hari

  1. Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi ini guru melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Membaca nyaring percakapan dalam cerita bergambar secara bersama-sama tentang perkenalan
  • Membahas kosakata dalam cerita bergambar
  • Membaca nyaring cerita bergambar yang memuat ungkapan-ungkapan member istruksi secara bersama-sama
  • Membaca nyaring kalimat-kalimat yang menunjukkan letak benda-benda secara bersama-sama
  • Membahas penggunaan preposisi untuk menunjukkan letak benda-benda
  • Membahas cara pengucapan waktu dalam Bahasa Inggris
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • Mempasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan

 

Melalui langkah-langkah di atas siswa diharapkan makan mendapat sebuah pengalaman belajar yang sebenarnya dengan diajak berpartisipasi secara aktip dalam proses belajar mengajar tersebut.

Elaborasi

Adapun dalam kegiatan elaborasi ini guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membiasakan peserta didik membaca dan menulis beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lai-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisa, menyelsaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran cooperative dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkat perestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri pada peserta didik

 

Melalui kegiatan-kegiatan di atas guru mencoba menanamkan kebiasaan atau hal-hal positive dalam kegiatan sehari-hari siswa dengan membiasakan hal-hal pisitve, memberi kesempatan, serta memfasilitasi siswa.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi ini ada beberapa langkah yang guru kerjakan sebagai berikut:

  • Memberika umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat atupun hadiah terhadap keberhasilan pesrta didik
  • Member konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik meelalui berbagai sumbar
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

ü  Berfungsi sebagai sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar

ü  Membantu menyelsaikan masalah

ü  Memberikan acuan agar peserta didik dapat melekukan pengecekan hasil eksplorasi

ü  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh

ü  Member motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup ini guru melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan penguasaan materi yang baru saja disampaikan, seperti:

  • Bersama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap bagian yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Member umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tidak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

 

ANALISIS HASIL PELAKSANAAN

 Program KKN

Melalui hasil analisis kami dapat sampaikan bahwa pleaksanaan program KKN yang telah kami susun berjalan sesuai dengan yang diharapkan, hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya semua indicator yang telah kami buat pada masing-masing program KKN yang kami susun. Seluruh hasil dari keterlaksanaan program ini tertunya tidak berjalan mulus begitu saja melainkan terdapat berbagai factor pendukung dan juga penghambat keterlaksanaan program tersebut. Berikut kami uraikan beberapa factor pendukung dan juga factor penghambat keterlaksanaan program KKN tersebut secara terperinci:

  1. Faktor-Faktor Pendukung

Adapun beberapa faktor pendukung yang mendukung terlaksananya program KKN adalah:

  • Kerjasama Pihak Sekolah

Kerjasama yang baik dari pihak sekolah mutlak kami butuhkan dalam mendukung terlaksananya program KKN yang kami susun, dalam hal ini yang terhormat bapak kepala sekolah SMP Negeri 3 Mataram, bapak Paat, S.Pd memberikan dukungan yang luarbiasa terhadap segala kegiatan yang kami lakukan.

  • Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah yang merupakan penunjang KKN, diantaranya terdapatnya fasilitas sekolah yang sudah ada sehingga mahasiswa KKN hanya memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada guna mendukung kelancaran  proses pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan KKN Terpadu di SMP Negeri 3 Mataram

  • Situasi dan Kondisi Sekolah

Situasi dan kondisi di SMA Negeri 1 Gerung – Lombok Barat yang kondusif memungkinkan terjadinya interaksi yang harmonis diantara mahasiswa KKN Terpadu dengan semua komponen yang ada di sekolah. Hal ini merupakan salah satu faktor pendukung yang paling utama di dalam melaksanakan setiap program – program KKN yang telah direncanakan sebelumnya.

Faktor Penghambat

Adapun faktor-faktor penghambat pelaksanaan PPL-KKN Terpadu ini antara lain:

  1. Faktor Dari Dalam

Faktor dalam maksudnya adalah faktor-faktor yang berasal dari kekurangan mahasiswa KKN itu sendiri, seperti kurang memahami teknis kerja dan juga sulinya membentuk kerja team yang solit antara mahasiswa KKN, sehingga berdampak pada program yakni menghambat terlaksananya program kerja, rincinya adalah sebagai berikut

  1. Kurang memahami teknis kerja

Pada program tertentu yang membutuhkan keahlian atau skill khusus dimana mahasiswa dituntut  bekerja, seperti pemasangan paping blok contohnya. Maka mahasiswa membutuhkan seseorang yang bisa memberikan contoh teknis kerja yang baik

  1. Sulitnya membangun kesolitan kelompok

Dalam sebuah kelompok KKN-PPL terdiri dari berbagai macam karakteristik orang yang butuh kita satukan untuk mencapai terwujudnya program kerja secara sukses. Hal ini sering kali menjadi factor penghambat yang paling mencolok dalam pelaksanaan sebuah program kerja, perselisihan antar anggota bisa saja terjadi jika tidak mampu membanguk kerjasama yang baik antar teman satu kelompok.

  1.  Faktor Dari Luar

Yang kami maksud dengan factor dalam disini adalah hal-hal yang mempengaruhi terlaksananya program kerja yang berasal dari luar seperti, minimnya dana sedangkan program yang diprogramkan termasuk membutuhkan dana yang besar. Minimnya sumber dana berdampak sangat besar pada keterlaksaanaan sebuah program kerja, karena itu merpakan hal mutlak dibutuhkan setiapkali kita berbicara tentang keterlaksanaan program.

 

Program PPL

  1. Hasil Pelaksanaan PPL

Tujuan dasar dari pengadaan perktik pengalaman lapangan adalah untuk mendidik mental para calon guru dengan menhadapkan langsung dengan siswa atau peserta didik secara langsung. Dalam hal ini mahasiswa dituntut memiliki skill atau kemampuan secara khusus untuk melakukan tugas pengalaman ini dengan baik, misalnya kemampuan member motivasi kepada siswa, kemampuan berinteraksi dengan siswa, kemampuan menyampaikan materi, bahkan kemampuan mengelola kelas dan membina aklak siswa. Maka dari itu dalam hal ini mahasiswa dituntut untuk memeiliki sikap sikap sebagai berikut:

  • Kedewasaan diri yang diukur dengan kemampuan mahasiswa dalam mengendalikan diri dan emosi pada saat menghadapi siswa
  • Memiliki rasa ketulusan dalam menjalankan tugas karena ini akan menentukan kesan mahasiswa dalam melakukan tugas, tugas akan dilakukan dengan senang hati dan tidak setengah-setengah bila mahasiswa melakukan pekerjaannya dengan tulus
  • Keterampilan dan kemampuan dalam mengelola kelas, suasana kelas akan tergantung pada kekreatifan seorang guru dalam memanage kelas. Kelas akan berjalan dengan kondusif sehingga pelajaran tersalur dengan baik akan tetapi sebaliknya jika tidak mampu mengatur kelas dengan baik maka kelas akan menjadi nerantakan yang pada akhirnya berdampak buruk pada penyampaian materi pembelajaran
  • Kemampuan memberikan motivasi, siswa biasanya akan lebih semangat apabila diajarkan oleh guru PPL, ini berarti harus di manfaatkan untuk menanamkan sikap dan mental positive pada diri siswa serta menumbuhkan motivasi belajar dengan memanfaatkan suasana yang akrab tersebut
  • Kemampuan mendidik secara moral dan membangun akhlak siswa juga sangat penting dimiliki oleh mahasiswa agar menghasilkan siswa-siswa yang berbudi luhur dan berahlak mulia
  1. Hambatan Pelaksanaan PPL

Dalam pelaksanaan PPL Terpadu di sekolah, tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Terdapat beberapa hambatan baik dari kondisi sekolah, kelas, pembelajarannya, maupun dari guru praktikannya. Beberapa hal yang menghambat pelaksanaan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Dari Aspek Kelengkapan di Sekolah

Fasilitas yang disediakan untuk pembelajaran belum begitu memadai dari  peralatan yang dibutuhkan sehingga proses pembelajaran kurang berjalan dengan lancar.

  1. Dari Aspek Peserta Didik
  • Ø Buku Paket

Terkadang peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan mereka banyak yang tidak memiliki buku paket secara pribadi sehingga peserta didik hanya mengandalkan penjelasan dari guru. Hal ini berdampak pada keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.

  • Ø Keaktifan Peserta Didik Masih Kurang

Dalam proses pembelajaran yang ideal keaktifan peserta didik menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Dalam kenyataan dilapangan dalam proses pembelajaran masih banyak peserta didik yang tidak aktif. Walaupun ada peserta didik yang aktif maka keaktifan tersebut didominasi oleh peserta didik tertentu saja.

  • Ø Peserta Didik Suka Terlambat Masuk Kelas

Dalam proses pembelajaran masih ada peserta didik yang suka terlambat masuk kelas dengan kurun waktu 10 – 15 menit. Hal ini dapat mengganggu proses pembelajaran dan konsentrasi peserta didik yang lain.

  • Ø Peserta Didik Kurang Fokus

Pada awal pembelajaran banyak peserta didik yang masih kurang fokus terhadap proses pembelajaran yang ditandai dengan ngobrol dan sibuk dengan kegiatannya masing–masing, namun tidak sedikit juga yang menunjukkan sikap bersahabat. Awalnya kondisi siswa dalam pembelajaran kurang termotivasi untuk belajar, walaupun pada akhirnya terjadi adaptasi antara siswa dengan guru PPL baik didalam maupun diluar kegiatan    pembelajaran.

  • Ø Kurangnya Keseriusan Peserta Didik

Dalam hal ini ditandai dengan adanya sebagian peserta didik yang mengobrol dengan teman lain ketika penulis menjelaskan materi didepan, seakan tidak ada guru dikelas. Kemudian ketika diberi tugas mengerjakan soal mereka mengerjakannya, dan jika diberi tugas rumah masih banyak siswa yang tidak mengerjakan dengan alasan lupa, ketinggalan, tidak tahu jika ada PR dan tidak punya buku paket.

  1. Dari Aspek Pembelajaran

Masih banyak materi yang belum tersampaikan, hal ini karena terlalu banyak waktu libur yaitu libur awal puasa dan libur menjelang hari raya idul fitri serta libur untuk kegiatan lainnya.

  1. Dari Aspek Guru Praktikan

Guru praktikan kurang bisa tegas dalam menghadapi siswa yang hiperaktif di kelas, dalam arti aktifnya tidak bukan pada pelajarannya (misalnya : ngobrol dengan teman sebelahnya), sehingga terkadang materi pelajaran kurang bisa dipahami dengan baik oleh masing-masing siswa. Guru praktikan juga terkadang mengalami kesulitan dalam memilih cara menyampaikan materi pelajaran agar menjadi menarik sehingga siswa yang kurang suka dengan pelajaran kimia menjadi tertarik.

  1. Penyelesaian Masalah

Dengan adanya hambatan-hambatan tersebut, adapun usaha untuk mengatasi masalah diatas, maka praktikan melakukan beberapa hal yaitu :

  1. Usaha Dari Guru Praktikan

Guru praktikan berusaha mengendalikan suasana belajar dengan menerapkan berbagai pendekatan kepada siswa untuk memasuki dunia siswa dan kemudian merangkul mereka agar mau belajar dengan serius dan focus.

Guru praktikan juga bisa mengatasi semua masalah ini dengan menggunakan dan memilih metode mengajar yang paling tepat yang diaplikasikan di dalam kelas. Dalam hal ini guru praktikan juga bisa mengendalikan kelas melalui penggunaan media ajar yang tepat dan sesuai sehingga menghuilangkan jenuh pada siswa yang berujung pada kondisifnya suasana kelas. Guru praktikan bisa juga berkonsultasi dengan guru pamong  tentang metode yang akan digunakan dalam pembelajaran.

  1. Memanfaatkan Kelengkapan di Sekolah

Kelengkapan di Sekolah maka usaha yang dilakukan adalah dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan mudah didapat.

  1. Dari Aspek Peserta Didik

Untuk memfokuskan perhatian peserta didik terhadap pelajaran, dapat dilakukan dengan memberi apersepsi dan motivasi pada awal pelajaran dengan cara mengingatkan materi yang telah dibahas kemudian bertanya pada beberapa peserta didik tentang materi yang dibahas sebelumnya. Hal ini bertujuan agar perhatian peserta didik tertuju pada pelajaran. Guru juga harus bisa menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak terasa jenuh selama pembelajaran berlangsung.

Kemudian usaha lain untuk kembali memfokuskan peserta didik ketika pelajaran berlangsung yaitu dengan menegur peserta didik secara halus dan kemudian memberi pertanyaan tentang materi yang dijelaskan dengan begitu secara tidak langsung peserta didik akan kembali fokus pada pelajaran. Kemudian dalam menciptakan keseriusan peserta didik pendidik membuat suatu kesepakatan yang dapat mendorong peserta didik untuk dapat mengerjakan latihan dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Kesepakatannya yaitu apabila ada PR, maka pertemuan berikutnya dikumpulkan dan PR tersebut dihargai dengan memberikan nilai sesuai dengan pekerjaannya. Bagi peserta didik yang tidak mengerjakan PR, maka tidak mendapat nilai.

Kemudian disuatu kesempatan guru menawarkan kepada peserta didik yaitu jika peserta didik dapat mengerjakan soal latihan, maka peserta didik akan diberikan nilai tambahan pada nilai tugas disamping nama peserta didik tersebut tercatat dalam absen guru sebagai peserta didik yang aktif. Untuk mengatasi peserta didik yang sering terlambat dengan membuat kesepakatan bersama peserta didik, dimana sangsinya ditentukan oleh guru. Bagi peserta didik yang terlambat, maka absensinya diberi tanda TT.

Semakin  sering terlambat maka akan menjadi catatan guru pelajaran. Bagi peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran diberikan suatu pengakuan dengan cara menandai para peserta didik yang aktif di absensi guru. Usaha lain yang dilakukan oleh guru praktikan yaitu dengan cara memberikan metode  tanya jawab sebanyak mungkin sehingga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif  bertanya bahkan aktif menjawab.

  1. Melalui Pembelajaran

Dengan banyak waktu libur maka materri yang belum tersampaikan bisa disampaikan di luar jam pelajaran yaitu dengan mengadakan jam tambahan di luar jam belajar.

                                                    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat kami berikan setelah melalui kegiatan PPL-KKN di SMP NEGERI 3 MATARAM adalah bahwa:

  1. Kegiatan PPL-KKN ini berlangsung lancar meskipun terdapan beberapa factor penghambat seperti yang telah dijelaskan di atas namun bsemua penghambat tersebut bisa kami atasi berkat dukungan yang diberikan oleh semua pihak. Dalam hal ini semua jajaran yang ada di SMP Negeri 3 Mataram menjalankan fungsi masing-masing dengan sangat baik sehingga sangat membantu bagi kami dalam memnuntaskan semua program yang telah kami susun.
  2. Dosen pembimbing lapangan (DPL) kami sangat mendukung kegiatan kami terlihat dari control yang dilakukan karena tempat tingganya yang relative sangat dekat dengan lokasi sekolah (di belakang SMP N 3 Mataram)
  3. SARAN/SUGGESTION

Ada beberapa saran yang kami anggap perlu kami kemukakan agar pelaksanaan KKN-PPL tahun-tahun berikutnya dapat lebih cemerlang keberhasilanya:

  1. Bagi guru praktikan

Guru praktikan hendaknya benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi PPL-KKN ini karena jika siswa sampai tahu guru praktikan gugup saat di kelas maka mereka akan semakin menjadi-jadi karena tahu guru praktikan tidak siap (hasil observasi langsung dari beberapa siswa di SMP 3 Mataram)

  1. Bagi LPPM

Sebaiknya sebelum penempatan lokasi PPL-KKN diseleksi atau dipilih dulu agar mahasiswa yang active (cerdas,active dan kerjakeras) tidak terkumpul pada satu lokasi yang mengakibatkan di lokasi lain terkumpul mahasiswa yang relative tidak tahu apa-apa (malas, tidak aktif juga tidak mau tahu). Ini yang umumnya membuat IKIP baik di satu tempat tapi di tempat lain dirusak nama baiknya oleh mahasiswa-mahasiswa yang relative “tidak tahu apa-apa” yang bahkan untuk berkominikasi dengan pihak sekolahpun takut atau nervous. Jadi intinya di masing-masing lokasi memiliki mahasiswa yang mampu menggerakkan anggota PPL-KKN hingga kekurangan yang tadinya ada akan mampu tertutupi. Trimakasih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

——–,2005. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Garuda Guru dan Dosen.

Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

LPPM, 2011. Pedoman Program KKN-PPL TERPADU Mahasiswa IKIP Mataram. Mataram : IKIP Mataram.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA MATARAM

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MATARAM

Jl. Niaga I No. 39 Telp. (0370) 621357 – 637881 Mataram

 

Ampenan, 5  Agustus  2011  M

5 ramadhan 1432 H

 

 

Kepada

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Daerah

Kota Mataram

Di –

Mataram

 

 

SURAT PENGANTAR

Nomor : 156/867/SMP.3/2011

 

 

No.

Jenis yang dikirim

Banyaknya

Keterangan

 

1

 

Laporan bulanan SMPN 3 Mataram Untuk bulan

JULI 2011

 

 

 

 

1 exp.

 

Dikirim dengan hormat, untuk dimaklumi seperlunya

Terimakasih

 

 

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

P A A T, S.Pd

NIP. 19551231 197803 1 118

 

 

TEMBUSAN YTH :

1.        Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Mataram

Cq. Kabid Dikdas di Mataram

2.        Kepa Subag. Umum dan Kepegawaian Dinas Dikpora Kota Mataram

3.        Pertinggal


LAPORAN BULANAN

KEADAAN BULAN : JULI 2011

 

1.      Nama Sekolah                                        : SMP Negeri 3 Mataram

2.      Alamat Sekolah                                      : Jl. Niaga I No. 39

3.      Kecamatan                                             : Ampenan

4.      Kota                                                      : Mataram

5.      Propinsi                                                  : Nusa Tenggara Barat

6.      Surat Keputusan Pendirian Sekolah         :

Tanggal dan Nomor / TMT                     : 21 Februari 1968 Nomor : 72/UKKK/1968 TMT : 1-8-1967

7.      Satatus                                                   :

7.1. Status gedung sekolah                      : Milik sendiri

7.2. Keadaan gedung sekolah                 : Permanen

7.3. Jumlah ruang kelas/belajar                : 12 ruang

8. 1.  Jumlah jam pelajaran seminggu             : 1078 jam

8.1.1. Pagi                                          : 539 jam

8.1.2. Siang                                        : 539 jam

8. 2. Keadaan Siswa

Kelas

Banyak Kelas

Jml murid seluruhnya

Murid WNA

Mutasi masuk

Mutasi keluar

L

P

Jlh

L

P

Jlh

L

P

Jlh

L

P

Jlh

VII

8

125

115

240

-

-

-

-

-

-

-

-

-

VIII

7

85

118

203

-

-

-

-

-

-

-

-

-

IX

9

153

133

286

-

-

-

-

-

-

-

-

-

Jumlah

24

363

366

729

-

-

-

-

-

-

-

-

-

 

8.      3. Anbsen Siswa

Kelas

Jumlah hari sekolah

Tidak hadir karena

Siswa

Perbulan

Sakit

Ijin

Alpa

Jml

%

VII

240

15

-

-

-

-

-

VIII

203

15

-

-

-

-

-

IX

286

15

-

-

-

-

-

Jumlah

729

15

-

-

-

-

-

 

8. 4. Absen Guru/Tata Usaha

Status

Jlh

Jlh hari

Tidak hadir karena %

Keterangan

Sakit

Ijin

Alpa

Jumlah

Guru Tetap

38

22

-

-

-

-

-

Guru Bantu

-

22

-

-

-

-

-

Guru Honda

1

22

-

-

-

-

-

Guru Tidak Tetap

10

22

-

-

-

-

-

Tata Usaha Tetap

6

22

8.33

-

-

8.33

Tata Usaha Honorer

7

22

-

-

-

-

-

Jumlah

62

22

8.33

-

-

8.33

 

 

Golongan Guru dan Pegawai

Guru

Pegawai

Ket 2b 2c 2d 3a 3b 3c 3d 4a 1c 1d 2a 2c 2d 3a 3b 3c Jlh
Laki

-

-

-

4

-

2

-

8

-

-

1

-

-

2

1

-

18

Pr.

-

-

-

4

4

1

1

14

-

-

-

-

-

2

-

-

26

Jlh

-

-

-

8

4

3

1

22

-

-

1

-

-

4

1

-

44

 

data Ijazah Guru

Guru

Jenis Kelamin

IJAZAH

Keterangan

SGA

SGPD

SGKP

SMOA

D1/

PGSLP

D2

D3

Sarmud

Sarjana

B1

B2

Guru Tetap Laki

-

-

1

-

-

-

-

13

Perempuan

-

-

-

-

-

-

-

24

Guru Tdk Tetap Laki

-

-

-

-

-

-

-

3

Perempuan

-

-

-

1

-

-

-

7

Jumlah

-

-

1

1

-

-

-

47

 

Data Ijazah Pegawai

Pegawai

Jenis Kelamin

IJAZAH

Keterangan

SD

SMP

SMA

SMK/KPAA

Sarmud

Sarjana

Pegawai Tetap Laki

-

1

1

2

-

-

Perempuan

-

-

1

-

-

1

Pegawai Tdk Tetap Laki

1

1

4

1

-

-

Perempuan

-

-

-

-

-

-

Jumlah

1

2

6

3

-

1

 

Golongan

Guru dan Pegawai

Jenis Kelamin

I

II

III

IV

c

d

a

b

c

d

a

b

c

d

a

b

c

Guru Tetap Laki

-

-

-

-

-

-

3

1

2

-

8

-

-

Perempuan

-

-

-

-

-

-

3

5

1

1

14

-

-

Pegawai Tetap Laki

-

-

1

-

-

-

2

1

-

-

-

-

-

Perempuan

-

-

-

-

-

-

2

-

-

-

-

-

-

Jumlah

-

-

1

-

-

-

10

7

3

1

22

-

-

 

Absen

 

Guru dan Pegawai

Jlh hari kerja

Tidak hadir karena

Keterangan

Sakit

Ijin

Alpa

Lain-lain

Jumlah

%

Guru

22

-

-

-

-

-

-

Pegawai

22

11

-

-

-

11

8.33

 

 

LAPORAN KEPEGAWAIAN

UNIT KERJA        : SMP NEGERI 3 MATARAM

BULAN                   : JULI 2011

 

No

NAMA/NIP

KARPEG

L/P

TEMPAT/

TGL. LAHIR

PNS

CPNS

PANGKAT /GOL.

RUANG TMT

JABATAN

TMT

MULAI MENGAJAR

PENDIDIKAN TERAKHIR JURUSAN TAHUN

MENGAJAR MATA PELAJARAN

JMl JAM

ABSEN

PERTAMA

DITEMPAT INI

S

I

A

LL

JML

I.

1

TENAGA GURU

Paat, S.Pd

NIP. 19551231 197803 1 118/B. 107064

L

 

Loteng

31 Desember 1955

PNS

Pembina, IV/a

01-04-2003

Kep. Sek.

11-04-2003

01-03-1978

17-04-2003

 

S1 Matematika

Tahun 1997

 

Matematika

BP

6

-

-

-

-

-

2

I Wayan Subawa,S.Pd

NIP. 19520310 197803 1 007/B. 703197

L

Tabanan,

10 Maret 1952

PNS

Pembina, IV/a

01-04-2001

Guru

01-3-1978

01-03-1978

01-03-1978

S1 PPkn.

Tahun 1997

Pkn.

24

-

-

-

-

-

3

Dra. Hj. Mucharrofah

NIP. 19600412 198602 2 010/E. 282465

P

Kediri Jatim,

12 April 1952

PNS

Pembina, IV/a

01-04-2002

Guru

01-02-1986

01-02-1986

01-02-1986

S1 Tarbiyah

tahun 1997

PAI.

16

-

-

-

-

-

4

Hj. Jaleha, S.Pd.

NIP. 19550511 198203 2 005/C. 0789187

P

Bima

11 Mei 1955

PNS

Pembina, IV/a

01-10-2004

Guru

01-03-1982

01-03-1982

01-09-2000

SI Sejarah

tahun 2000

IPS.

24

-

-

-

-

-

5

Bambang Trisapto Cahyono

NIP. 19530704 197602 1001/13.9916234

L

Malang,

4 Juli 1953

PNS

Pembina, IV/a

01-04-2005

Guru

01-02-976

01-02-1976

01-02-1976

PGSLP. IPA.

tahun 1973

Fisika

24

-

-

-

-

-

6

Mortuningsih, S.Pd.

P

Jakarta,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-12-1984

01-12-1984

SI Bhs. Ingg. Bhs. Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19621013 198412 2 0041D. 194011

13 Oktober 1962

01-04-2005

01-12-1984

tahun 1998  

-

-

-

-

-

7

R Eko Suhartanto, S.Pd.

L

Mataram,

PNS

Pembina, NJa

Guru

01-01-1986

01-01-1986

Sl Bhs. Indo. Bahasa dan

24

-

-

-

-

-

NIP. 19640529 1986011 002/E. 282464

29 Mei 1964

O1-04-2005

01-01-1986

tahun 1999 Sastra Indonesia

-

-

-

-

-

8

Nurhani, S.Pd.

P

Sape Bima,

PNS

Pembina, N/a

Guru

16-03-1983

16-03-1983

S1 Fisika Fisika

24

-

-

-

-

-

NIP. 19611231 198301 2 053/C. 811905

31 December 1961

01-10-2005

01-01-1983

tahun 1999  

-

-

-

-

-

9

Budiyanto, S.Pd.

L

Sleman,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-12-1984

01-12-1984

S1 IPS. Geog. T.I.K.

24

-

-

-

-

-

NIP. 196008141984121002/D. 194010

14 Agustus 1960

01-04-2006

01-12-1984

tahun 2007  

-

-

-

-

-

10

Lulus Ujiandari, S.Pd.

P

Malang,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-10-1982

01-10-1982

S1 Matematika Matematika

24

-

-

-

-

-

NIP. 19600606 198203 2 024/C. 789167

6 Juni 1960

01-10-2007

01-03-1982

tahun 2009  

-

-

-

-

-

11

Erni Mutiara, S.Pd.

P

Penaraga Bima,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

23-03-1982

23-03-1982

Sl Bhs. Indo. Bahasa dan

24

-

-

-

-

-

NIP. 19610421 198301 2 005/C. 811908

21 April 1961

01-10-2007

01-01-1983

tahun 1998 Sastra Indonesia

-

-

-

-

-

12

Hj. Hatemah, S.Pd.

P

Ampenan,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-03-1984

01-03-1984

S1 PPKn. PPKn.

24

-

-

-

-

-

NIP. 19610820 198403 2 014/17. 060962

20 Agustus 1961

01-10-2007

01-03-1984

tahun 1999  

-

-

-

-

-

13

H. Nazarudin, S.Pd.

L

Renteng Loteng,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-12-1984

01-12-1984

S1 Bhs. Indo. Bahasa dan

24

-

-

-

-

-

NIP. 19621231 198412 1083/1). 194012

31 December 1962

01-10-2007

01-12-1984

tahun 1998 Sastra Indonesia

-

-

-

-

-

14

Ida Ayu Made Astika, S.Pd.

P

Karangasem,

PNS

Pembina, N/a

Guru

08-07-1992

08-07-1992

Sl PPKn. Biologi

24

-

-

-

-

-

NIP. 19620822 198403 2 012/ D. 032204

22 Agustus 1962

01-10-2007

01-03-1984

tahun 2007  

-

-

-

-

-

15

Kurniati, S.Pd.

P

Mataram,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

01-11-1981

01-11-1981

S1 Bhs. Indo. Bahasa dan

24

-

-

-

-

-

NIP. 19590511 1981112 003/C. 718418

11 Mei 1959

01-04-2008

01-11-1981

tahun 1999 Sastra Indonesia

-

-

-

-

-

16

Hj. Parhun, S.PdI

P

Kelayu Lotim,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-03-1986

01-04-2000

SL Tarbiyah P.A.I.

24

-

-

-

-

-

NIP. 19590424 198603 2 018/E. 273929

24 April 1959

01-04-2008

01-03-1986

tahun 2009  

-

-

-

-

-

17

Dra. Fitran Sari

P

Sumbawa Besar,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-12-1994

01-12-1994

S1 Biologi Biologi

24

-

-

-

-

-

NIP. 19670606 199412 2 005/ G. 285290

6 Juni 1967

01-04-2008

01-12-1994

.

tahun 1992  

-

-

-

-

-

18

Aris Dwi Norida, S.Pd.

L

Klaten,

PNS

Pembina, N/a

Guru

01-03-1984

08-10-1988

S1 Matematika Matematika

25

-

-

-

-

-

NIP. 19620531 198403 1009/ D. 211091

31 Mei 1962

01-04-2008

01-03-1984

tahun 2009

-

-

-

-

-

19

Wajiman, S.Pd.

L

Bantul,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

01-12-1984

01-12-1984

S1 IPS. Geog. IPS.

24

-

-

-

-

-

NIP. 19590520 198412 1006/ D. 209523

20 Mei 1959

01-04-2008

O1-12-1984

tahun 2007  

-

-

-

-

-

20

Hari Rohayati, S.Pd.

P

Pagutan,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

01-01-1986

01-01-1986

S1. Geografi Matematika

25

-

-

-

-

-

NIP. 19650713 1986012 001/ C. 811908

13 Juli 1965

01-10-2010

01-O1-1986

Tahun 2006  

-

-

-

-

-

21

Hj. Taqdisi Fatihah, S.Pd.

P

Tanj. Teros Lotim,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

01-03-1990

18-07-1994

SI Matematika Matematika

24

-

-

-

-

-

NIP. 19670513 199003 2 O10/ E. 973296

13 Mei 1967

O1-10-2010

01-03-1990

Tahun 2003  

-

-

-

-

-

22

EmmyNur Widjajati, S.Pd.

P

Probolinggo,

PNS

Pembina, IV/a

Guru

01-07-1991

01-07-1991

S1 Bhs. Ingg. Bhs. Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19650429 199103 2 003/ E 056657

29 April 1965

O1-10-2010

01-03-1991

tahun 1997  

-

-

-

-

-

23

Tri Widjiastuti, S.Pd.

P

Surabaya,

PNS

Penata Tk. I, III/d

Guru

01-03-1998

01-03-1998

Sl Bhs. Ingg. Bhs. Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19721116 199802 2 002/ H. 030440

16 Nopember 1972

O1-04-2009

01-02-1998

tahun 1997  

-

-

-

-

-

24

Argo Basuki, S.Pd.

L

Magelang,

PNS

Penata, III/c

Guru

01-02-1991

01-02-1991

S 1 IPS. Geog. Seni Budaya

24

-

-

-

-

-

NIP. 19640413 199102 1003/ E. 973861

13 April 1964

01-04-2005

01-02-1991

tahun 2008  

-

-

-

-

-

25

H. Triyono Budi Santoso, S.Pd.

L

Kepanjen,

PNS

Penata, III/c

Guru

01-12-1984

16-07-1990

S 1 Bhs. Ingg. Bhs. Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19600906 198412 1002/ D. 209596

6 September 1960

01-04-2008

01-12-1984

tahun 2009  

-

-

-

-

-

26

Hasna Zuryatni, S.Pd

P

Aikja Loteng,

PNS

Penata , III/c

Guru

01-3-1998

01-3-1998

SI Matematika Matematika

24

-

-

-

-

-

NIP. 19670407 199802 2 002/ H. 046894

7 April 1967

01-10-2010

01-02-1998

tahun 2006  

-

-

-

-

-

27

Hi. Hajarwati, S.Pd.

P

Mataram,

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-06-2003

01-06-2003

SI BK BP/BK.

24

-

-

-

-

-

NIP. 19670606 200604 2 014 / M 265790

6 Juni 1967

01-10-2009

01-04-2006

tahun 1998  

-

-

-

-

-

28

Laila Syahrani, SE.

P

Dompu,

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-06-2003

01-06-2003

A4 IPS.Ekonomi Ekonomi

16

-

-

-

-

-

NIP. 19700528 200604 2 011 /–

28 Mei 1970

01-04-2010

01-04-2006

tahun 1999  

-

-

-

-

-

29

Baiq Yumiati, S.Pd.

P

Sakra,

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-01-2007

21-07-2008

S1Geografi IPS.

16

-

-

-

-

-

NIP. 19751114 2007012 013 /–

14 Nopember 1975

01-10-2010

01-O1-2007

tahun 2000  

-

-

-

-

-

30

Hayatun Fitriah, S.Pd.

P

Mataram,

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-07-2003

01-07-2003

S1 Geografi IPS.

16

-

-

-

-

-

NIP. 19760827 2007012 014 /–

27 Agustus 1976

01-10-2010

01-01-2007

tahun 2002  

-

-

-

-

-

31

Jusuf Marthen A.M, STH.

L

Kupang,

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-05-2006

01-05-2006

S 1 Theologia Ag. Protes &Katol.

6

-

-

-

-

-

NIP. 19740119 200604 1 003 /–

19 Januari 1974

01-04-2011

01-04-2006

tahun 1997  

-

-

-

-

-

32

Sulhiyah, S.S.

P

Aiksepolong

PNS

Penata Md Tk.I, III/b

Guru

01-01-2004

01-01-2004

S1 Sastra Moluk Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19740812 2007012 027 /–

12 Agustus 1974

01-04-2011

01-O1-2007

tahun 2003 Pariwisata

-

-

-

-

-

33

Arina Minashova, S.Pd

P

Ampenan,

PNS

Penata Muda, III/a

Guru

01-08-2004

01-08-2004

Sl Bhs. Ingg. Moluk Inggris

24

-

-

-

-

-

NIP. 19791018 2008012 017 / N 524142

18 Oktober 1979

01-01-2008

01-O1-2008

tahun 2004 Pariwisata

-

-

-

-

-

34

Indah Qoriana, S.Kom.

P

Surabaya,

PNS

Penata Muda, IIUa

Guru

01-04-2009

01-04-2009

Sl TI TIK.

16

-

-

-

-

-

NIP. 19740831 200901 2 002 /–

31 Agustus 1974

01-01-2009

01-O1-2009

tahun 2002  

-

-

-

-

-

35

Sri Rohana, S.Pd.

P

Mataram,

CPNS

Penata Muda, IIUa

Guru

01-01-2010

01-01-2010

BP. BP.

24

-

-

-

-

-

NIP. 19770608 2010012 004

8 Juni 1977

01-01-2010

01-O1-2010

tahun 2006  

-

-

-

-

-

36

Rudy Ardianto, S.Pd.

L

Mataram,

CPNS

Penata Muda, IIUa

Guru

01-01-2010

01-01-2010

S1 Penjaskes Penjaskes

24

-

-

-

-

-

NIP. 19810525 201001 1 019

25 Mei 1981

01-01-2010

01-O1-2010

tahun 2005  

-

-

-

-

-

37

Anwar Syuhudi, S.Pd.

L

Lombok Timur,

CPNS

Penata Muda, IIUa

Guru

01-01-2010

01-01-2010

S1 Fisika IPA. Fisika

18

-

-

-

-

-

NIP. 19860510 201001 1 007

10 Mei1986

01-01-2010

01-01-2010

tahun 2008  

-

-

-

-

-

38

I Nengah Parwata, S.Pd.

L

Almalang,

PNS

Penata Muda, III/a

Guru

01-04-2005

Q1-04-2005

S1 BP. 1. BP/BK.

18

-

-

-

-

-

NIP. 19731231 200501 1065 /–

31 Desember 1973

01-04-2011

01-O1-2005

tahun 2009 2. Ag. Hindu

6

-

-

-

-

-

39

Indah Sri Harini, S.Pd.

P

Banyuwangi,

BPNS

-

Gr. Honda

21-07-2004

21-07-2004

Sl Sejarah Seni Budaya

16

-

-

-

-

-

NIP. -

16 Agustus 1974

21-07-2004

tahun 2002  

-

-

-

-

-

40

U l f a h, S.Pd.

P

Bima,

BPNS

-

GTT

01-01-2003

01-01-2003

Sl Biologi IPA. Fisika

6

-

-

-

-

-

NIP. -

6 Desember 1976

01-01-2003

tahun 2000 Lab. Fisika

18

-

-

-

-

-

41

Dra. Ja`ranah

P

Mamben Lotim,

BPNS

-

GTT

01-01-2004

01-01-2004

Si PPB. BP/BK.

24

-

-

-

-

-

NIP. -

31 Desember 1970

01-01-2004

tahun 1993  

-

-

-

-

-

42

Dra. Rahmatiah

P

Ampenan,

BPNS

-

GTT

01-07-1997

01-07-1997

Sarjana KTP. Seni Budaya

8

-

-

-

-

-

NIP. -

31 Desember 1962

01-07-1997

tahun 1991  

-

-

-

-

-

43

Masykurul Walidaini, S.Ag.

L

Mataram,

BPNS

-

GTT

01-01-2000

01-01-2000

Sl Tarbiyah 1. BP/BK.

18

-

-

-

-

-

NIP. -

29 Mei 1974

O1-O1-2000

tahun 1998  

-

-

-

-

-

44

Budi Astuti, S.Pd.

P

Ampenan,

BPNS

-

GTT

01-01-2005

01-01-2005

Sl Olahraga Penjaskes

12

-

-

-

-

-

NIP. -

2 Desember 1971

01-01-2005

tahun 1998  

-

-

-

-

-

45

Hasan Basri, S.Pd.I.

Loteng,

BPNS

-

GTT

01-O1-2005

01-01-2005

Sl Tarbiyah Perpustakaan

8

-

-

-

-

-

NIP. -

23 Januari 1983

O1-O1-2005

tahun 2004  

-

-

-

-

-

46

Suminah, A.Ma.

P

Loteng,

BPNS

-

GTF

01-07-2003

01-07-2003

D2 PGTK. TIK.

24

-

-

-

-

-

NIP. -

12 Juli 1970

O1-07-2003

tahun 2007  

-

-

-

-

-

47

Baiq Yunissina Ningsih, S.Pd.

P

Sikur Lotim,

BPNS

-

GTT

01-04-2004

01-04-2004

S 1 IPS. TIK.

24

-

-

-

-

-

NIP. -

15 Juni1982

O1-04-2004

tahun 2009  

-

-

-

-

-

48

Pradana Muhamad, S.Pd.

L

Mataram,

BPNS

-

GTT

01-01-2005

01-01-2005

Sl Olahraga Penjaskes

16

-

-

-

-

-

NIP. -

9 Desember 1985

01-01-2005

tahun 2009  

-

-

-

-

-

49

Lidya Ratna Dewi, S.Pd.

L

Baran Mayung,

BPNS

-

GTT

12-07-2010

12-07-2010

SI Biologi Lab. Biologi

18

-

-

-

-

-

NIP. -

24 Mei 1983

12-07-2010

tahun 2007  

-

-

-

-

-

II

1

TENAGA ADMINISTRASI

Lalu Sudirman

L

 

Loteng,

PNS

Penata Md Tk.I, IIUb

Kepala TU.

12-02-1976

12-02-1976

KPAA. Kas

 

Mengkoordinir

37

4

-

-

-

4

NIP. 19560202 197602 1001 / H 056718

2 Februari 1956

01-10-2001

01-01-2005

tahun 1979

staf Tata Usaha

5

-

-

-

5

2

Zainudin

L

Kecicang,

PNS

Penata Muda, III/a

Pem.Pim.

01-08-1986

01-08-1986

KPAA. Perkan-

Urs. Kepegawaian

37

-

-

-

-

-

NIP. 19581231 198608 1 013 / E. 314647

31 Desember 1958

01-04-2008

01-04-2008

toran 1991

 

-

-

-

-

-

3

Muhammad Tahyudin

L

Ampenan,

PNS

Penata Muda, III/a

Pem.Pim.

01-03-1992

01-03-1992

SMA. IPS.

Urs. Kesiswaan

37

-

-

-

-

-

NIP. 19670807 199203 1010 / F. 052823

7 Agustus 1967

O1-04-2008

O1-04-2008

tahun 1987

 

-

-

-

-

-

4

Syamsidar, SE.

P

Mataram,

PNS

Penata Muda, IIUa

Pem.Pim.

01-03-1993

02-01-2011

S1 Ekonomi

Bendahara (PPK)

37

-

-

-

-

-

NIP. 19660307 199303 2 007 / G 098972

7 Maret 1966

01-04-2009

01-04-2009

tahun 2008

 

-

-

-

-

-

5

St. Maryam

P

Bima,

PNS

Penata Muda, IIl/a

Pem.Pim.

01-03-1993

01-03-1993

SMA. IPS.

Urs. Perlengkapan

37

-

-

-

-

-

NIP. 19621231 199303 2 O50 / G. 098971

31 Desember 1962

O1-04-2009

O1-04-2009

tahun 1982

 

-

-

-

-

-

6

Samsudin

Dasan Agung,

PNS

Pengatur Muda, I1/a

Pem. Pelaks.

01-03-1993

01-03-1993

Paket B

-Urs. Exptr./Agend.

37

2

-

-

-

-

NIP. 19591231 199303 1058 / F. 050200

31 Desember 1959

01-04-2009

O1-03-1993

tahun 2004

-PDG.

-

-

-

-

-

7

H a s a n

L

Jabon Darek,

BPNS

-

Peg. Honor

01-07-1993

01-07-1993

SMA. A3

Pengadmi itrasi

37

-

-

-

-

-

NIP. -

20 April 1971

 

01-07-1993

tahun 1993

Umum

-

-

-

-

-

8

Herman Felani

L

Ampenan,

BPNS

-

Peg. Honor

01-03-2003

01-03-2003

SMP.

Pramu Kantor

37

-

-

-

-

-

NIP. -

31 Desember 1982

 

01-03-2003

tahun 2002

 

-

-

-

-

-

9

Liswan Suwandi Hakim

L

Ampenan,

BPNS

-

Peg. Honor

01-03-2003

01-03-2003

SMA. A3

1. Penjaga malam

37

-

-

-

-

-

NIP. -

31 Desember 1979

 

01-03-2003

tahun 1996

2. Satraam

-

-

-

-

-

10

Samsul Rizal

L

Ampenan,

BPNS

-

Peg. Honor

01-04-2004

01-04-2004

SMU. IPS.

Satpam

37

-

-

-

-

-

NIP. -

21 Nopember 1984

 

01-04-2004

tahun 2003

 

-

-

-

-

-

11

Hermanto

L

Ampenan,

BPNS

-

Peg. Honor

01-01-2005

01-01-2005

SMA. IPS.

Pramu Kantor

37

-

-

-

-

-

NIP. -

10 Oktober 1986

 

01-01-2005

tahun 2007

 

-

-

-

-

-

12

Lalu Budihardani

L

Mataram,

BPNS

-

Peg. Honor

01-01-2005

01-01-2005

SMK. GT.

Pengadminitrasi

37

-

-

-

-

-

NIP. -

9 Mei 1985

 

01-01-2005

tahun 2003

Umum

-

-

-

-

-

13

Suaeb

L

Ampenan,

BPNS

-

Peg. Honor

25-10-2007

25-10-2007

MI. thn. 1967

Jaga malam

37

-

-

-

-

-

  NIP. -   12-04-1958    

25-10-2007

     

-

-

-

-

-

 

 

Ampenan, 31 Juli 2011

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

P A A T, S.Pd.

NIP. 19551231 197803 1 118

Rekapitulasi    :

1.      Guru Tetap    :                                                       1. Peg. Tetap :

Laki-laki          : 14                                                       Laki-laki       : 4

Perempuan      : 24                                                       Perempuan   : 2

Jumlah           : 38                                                      Jumlah        : 6

2.      Guru Honda:                                                         2. Peg. Honor :

Laki-laki          : -                                                         Laki-laki       : 7

Perempuan      : 1                                                        Perempuan   : –

Jumlah           : 1                                                        Jumlah        : 7

3.      Guru Tidak Tetap:

Laki-laki          : 3

Perempuan      : 7

Jumlah           : 10

 

 

 

REKAPITULASI DAFTAR HADIR

BULAN : J U L I   2011

Unit Kerja        : SMP Negeri 3 Mataram

 

NO.

NAMA DAN NIP

GOL.

JABATAN

JUMLAH HARI TDK HADIR

KET.

S

I

A

C

L

TD

TK

I

1

TENAGA GURU

Paat, S.Pd.

IV/a

Kep. Sek

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19551231 197803 1 118 / B. 107064

 

2

I Wayan Subawa, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19520310 197803 1 007 / B. 703197

 

3

Dra. Hj. Mucharrofah

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19600412 198602 2 010 / E. 282465

 

4

Hj. Jaleha, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19550511 198203 2 005 / C. 0789187

 

5

Bambang Trisapto Cahyono

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19530704 197602 1001 / B. 916234

 

6

Mortuningsih, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19621013 198412 2 004 / D. 194011

 

7

R. Eko Suhartanto, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19640529 198601 1002 / E. 282464

 

8

Nurhani, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19611231 1983012 053 / C. 811905

 

9

Budiyanto, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19600814 198412 1 002 / D. 194010

 

10

Lulus Ujiandari, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19600606 198203 2 024 / C. 789167

 

11

Erni Mutiara, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19610421 1983012 005 / C. 811908

 

12

Hatemah, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19610820 198403 2 014 / F. 060962

 

13

H. Nazarudin, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19621231 198412 1 083 / D. 194012

 

14

Ida Ayu Made Astika, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19620822 198403 2 012 / D. 032204

 

15

Kurniati, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19590511 1981112 003 / C. 718418

-

 

16

Hj. Parhun, S.Pd.I.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19590424 198603 2 018 / E. 273929

 

17

Dra. Fitran Sari

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19670606 199412 2 005 / G. 285290

 

18

Aris Dwi Norida, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19620531 198403 1009 / D. 211091

 

19

Wajiman, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19590520 198412 1006 / D. 209523

 

20

Hari Rohayati, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19650713 1986012 001 / C. 811908

 

21

Hj. Taqdisi Fatihah, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19670513 199003 2 010 / E. 973296

 

22

Emmy Nur Widjajati, S.Pd.

IV/a

Gr.Pembina

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19650429 199103 2 003 / F. 056657

 

23

Tri Widjiastuti, S.Pd.

IIUd

Gr. Dewasa

-

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19721116 199802 2 002 / H. 030440

Tk.I

 

24

Argo Basuki, S.Pd.

III/c

Gr. Dewasa

-

-

-

-

-

-

 

NIP. 19640413 1991021 003 / E. 973861

.

 

25

H. Triyono Budi Santoso, S.Pd.

NIP. 19600906 198412 1 002 / D. 209596

III/c

Gr. Dewasa

-

-

-

-

-

-

-

 

26

Hasna Zuryatni, S.Pd.

NIP. 19670407 199802 2 002 / H. 046894

IIUc

Gr. Dewasa

-

-

-

-

-

-

-

 

27

Hj. Hajarwati, S.Pd.

NIP. 19670606 200604 2 014 / –

111/b

Gr. Madya

Tk.I

-

-

-

-

-

-

-

 

28

Lads Syahrani, SE.

NIP. 19700528 200604 2 011 1–

IIUb

Gr. Madya

Tk.I

-

-

-

-

-

-

-

 

29

Baiq Yumiati, S.Pd.

NIP. 19751114 2007012 013 / –

111/b

Gr. Madya

Tk.I

-

-

-

-

-

-

-

 

30

Hayatun Fitriyah, S.Pd.

NIP. 19760827 2007012 014 / –

IIUb

Gr. Madya

Tk.I

-

-

-

-

-

-

-

 

31

Jusuf Marthen A.M, 5TH.

NIP. 19740119 200604 1 003 / -­

111/b

Gr. Madya

-

-

-

-

-

_

-

-

 

32

Sulhiyah, S.S.

NIP. 19740812 2007012 027 / -­

Ill/b

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

33

Arina Minashova, S.Pd.

NIP. 19791018 2008012 017 / -­

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

34

_

Indah Qoriana, S.Kom

NIP. 19740831 200901 2 002 /

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

35

Sri Rohana, S.Pd.

NIP. 19770806 2010012 004 / -­

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

36

Rudy Ardianto, S.Pd.

NIP. 19810525 201001 1019 / -­

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

37

Anwar Syuhudi, S.Pd.

NIP. 19860510 201001 1007 / -­

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

38

I Nengah Parwata, S.Pd.

NIP. 19731231 200501 1065 / -­

IIUa

Guru Madya

-

-

-

-

-

-

-

 

39

Indah Sri Harini, S.Pd.

NIP. -

-

Gr. Honda

-

-

-

-

-

-

-

 

40

U I f a h, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

41

Ja’ranah, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

42

Dra. Rahmatiah

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

_

-

 

43 ‘

Masykurul Walidaini, S.Ag.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

44

Budi Astuti, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

45

Hasan Basri, S.Pd.I.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

46

Suminah, A.Ma.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

47

Baiq Yunissina Ningsih, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

48

Pradana Muhamad, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

49

Lidya Ratna Dewi, S.Pd.

NIP. -

-

GTT

-

-

-

-

-

-

-

 

II.

1

PEGAWAI TATA USAHA

Lalu Sudirman

NIP. 19560202 197602 1 001 / H. 056718

III/b

Ka. TU.

4

-

-

-

-

-

-

 

2

Zainudin

NIP. 19581231 198608 1 013 / E. 314647

IIUa

Pem. Pim.

5

-

-

-

-

-

-

 

3

Muhammad Tahyudin

NIP. 19670807 199203 10 10 / F. 052823

III/a

Pem. Pim.

-

-

-

-

-

-

-

 

4

Syamsidar, SE.

NIP. 19660307 199303 2 007 / -

III/a

Pem. Pim.

-

-

-

-

-

-

-

 

5

St. Maryam

NIP. 19621231 199303 2 050 / G. 098971

III/a

Pem. Pim.

-

-

-

-

-

-

-

 

6

Samsudin

NIP. 19591231 199303 1058 / F. 050200

II/a

Pelaks.

2

-

-

-

-

-

-

 

7

H a s a n

NIP. -

-

Peg.Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

8

Herman Felani

NIP. -

-

Peg.Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

9

Liswan Suwandi Hakim

NIP. -

-

Peg.Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

10

Samsul Rizal

NIP. -

-

Peg.Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

11

Hermanto

NIP. -

-

Peg.Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

12

Lalu Budihardani

NIP. -

-

Peg. Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

13

Suaeb

NIP. -

-

Peg. Honor

-

-

-

-

-

-

-

 

 

Ampenan, 31 Juli 2011

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

P A A T, S.Pd.

NIP. 19551231 197803 1 118

 

S = Sakit, I = Ijin, A = Alpa, L = Lain-lain, C = Cuti,

TD = Tugas Dinas, TK = Tanpa Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REKAPITULASI LAPORAN BULANAN SMP NEGERI 3 MATARAM

KEADAAN BULAN : JULI 2011

 

No

Jumlah

Kelas

KELAS BAGIAN

RUANG BELAJAR

Murid

Baru

MURID

G U R U

PEGAWAI

Ket.

VII

VIII

IX

JML

Milik

Pinjam

Jml

VII

VIII

IX

JML

GT

GA

GB/GH/

GTT

Jml

Perpust.

Laboran

Peg.

Tetap

Peg.

Honor

Jml

1

12

8

7

9

24

12

-

12

-

240

203

286

729

36

2

11

49

-

-

6 7

13

 

 

Ampenan, 31 Juli 2011

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

P A A T, S.Pd.

NIP. 19551231 197803 1 118


sss

LAPORAN SARANA FISIK

Nama Sekolah

:

SMP NEGERI 3 MATARAM              BULAN : JULI 2011 T. P. 2010/2011  
Alamat

:

Jl. Niaga I No. 39 Telp. (0370) 621357 – 637881                                              
           

Ampenan Tengah       NSS    

2

0

1

3

3

6

0

0

1

0

0

1

     
Kecamatan

:

Ampenan       NIS  

2

0

0

0

4

0

     
Kota

:

Mataram                   NPSN.

5

0

2

0

4

4

7

1

     
 Propinsi

:

Nusa Tenggara Barat  
                                            RUANG :                                      
MURID Tingkat   I

:

240 Orang

                    1. Ruang Belajar Teori :

12 Buah

*)  
              II

:

203 Orang

                  2. Ruang Kepala Sekolah :

1 buah

   
              III

:

286 Orang

                  3. Ruang Guru :

1 buah

   
Jumlah  

:

729 Orang

                  4. Ruang Tata Usaha :

1 buah

   
KELAS I

:

8 buah

                  5. Ruang Perpustakaan :

1 buah

   
II

:

7 buah

                  6. Ruang Laboratorium :

2 buah

+)  
III

:

9  buah

                  7. Ruang Praktek/Lain-lain :

2 buah

+)  
Jumlah  

:

24 buah

                  8. Ruang Media :

1 buah

   
PENGAWAI SEKOLAH                             9. Ruang Olahraga :

- buah

   
1. Kepala Sekolah

:

1 Orang

          10. Ruang Aula :

- buah

   
2. Wakil Kepala Sekolah

:

2 Orang

          11. Ruang Ibadah :

1 buah

   
3. Guru Tetap

:

35 Orang

          12. Ruang Penjaga :

1 buah

   
4. Guru Tidak Tetap

:

10 Orang

          13. Ruang KM/WC. Guru/Kep. Sekolah :

3 buah

   
5. Guru Bantu

:

- Orang

          14. Ruang KM/WC. Siswa :

7 buah

   
6. Guru Honda

:

1 Orang

             

Jumlah

:

33 buah

   
7. Kepala Tata Usaha

:

1 Orang

          TANAH :                                      
8. Pegawai  Tat Usaha Tetap

:

5 Orang

          1. Luas Bangunan :

1.792,00

  M2 *)          
9. Peg. Tata Usaha Tetap

:

1 Orang

          2. Luas Pekarangan :

1.133,00

  M2            
10. Pesuruh/Penjaga Tidak Tetap

:

6 Orang

          3. Luas Kebun Sekolah :

350,00

  M2            

Jumlah

:

62 Orang

           

Jumlah

:

3.275,00

  M2            
   
 

 

Ampenan , 31 Juli 2011

Kepala Sekolah

 

 

 

P A A T, S.Pd.

NIP. 19551231 197803 1 11

 

About these ads

One response to “laporan PPL KKN ikip mataram

  1. adik-adik yang di IKIP Mataram, silahkan copy contoh laporan ppl kkn berikut tapi jangan d jiplak… trutama yang jurusan bahsa inggris… say no to plagiarism

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s